Traveling ke Korea sendiri, masih kuliah, belum berpenghasilan, kok bisa?

Bon Voyage! 2019 saat masih menjadi mahasiswa, aku mulai rutin menabung dari uang jajan dan hasil kerja dari internship. Perjalanan menabungku cukup struggle, aku cenderung pelit untuk mengeluarkan uang buat jajan yang nggak aku butuhkan.

Sumber Keuangan

Sumber keuangan yang aku dapat perbulannya bisa dari hasil kerja magang aku dan uang jajan yang dikasih orangtua. Aku pun sudah mengimpi-impikan untuk pergi ke Korea Selatan sejak tahun 2017 lalu ketika kegiatan magang aku yang pertama kalinya. Mungkin saat itu belum rejekinya, uangnya nggak cukup 🙁

Aku nggak berhenti memikirkan sejak awal masuk kuliah “gimana caranya nabung biar gue cepet kaya & jalan-jalan ke luar negeri apalagi Korea ya”. Karena ups and down yang pernah aku & keluarga-ku lalui, aku jadi nemu caranya menabung dengan caraku sendiri. *bisa ikuti caranya tapi tetap menyesuaikan dengan keuangan kamu ya*
Berikut caranya:

Aku nggak berhenti memikirkan sejak awal masuk kuliah “gimana caranya nabung biar gue cepet kaya & jalan-jalan ke luar negeri apalagi Korea ya”. Karena ups and down yang pernah aku & keluarga-ku lalui, aku jadi nemu caranya menabung dengan caraku sendiri. *bisa ikuti caranya tapi tetap menyesuaikan dengan keuangan kamu ya*
Berikut caranya:

  1. Hitung pengeluaran fix pribadi seperti, transport, makan, bensin dan uang parkir (jika memiliki kendaraan)
    contoh: uang yang masuk tiap bulannya Rp3.800.000, transport Rp600.000 + makan Rp1.000.000 + jajan di luar Rp400.000 = Rp2.000.000, masih ada sisa Rp1.800.000. (Jangan lupa sisihin uang buat jajan, uangmu juga untuk dinikmati)
  2. Pisahkan keuangan yang pasti keluar tiap bulan dengan dana darurat + tabungan. Dana darurat 10%, tabungan 90% (dari sisa saldo setelah pengeluaran fix dihitung).
    contoh: perbulan keluarin uang Rp2.000.000, sisa uang yang seharusnya tidak disentuh sama sekali adalah Rp1.800.000, tabungan dana darurat Rp180.000, menabung Rp1.620.000.
    “nabungnya ga kebanyakan tuh?” ya tergantung keputusan kamu, mau gapai mimpinya cepet atau masih ntar-ntaran ;P
  3. Memiliki ATM/rekening baru yang dikhususkan untuk menabung. Kalau bisa pakai ATM yang biaya administrasinya rendah. (dulu aku pakai Tahapan Xpresi BCA kena Rp5.000 per-bulannya. Tapi sekarang nabung di Jenius, soalnya gak ada biaya administrasinya per-bulan alias Rp0).
  4. SELALU pisahkan di rekening ATM yang berbeda, antara keuangan yang fix keluar setiap bulannya dengan uang yang ingin kamu tabung tadi. Kalo disatuin nanti disangka posesif.
  5. Poin ini opsional.
    ‘Kunci’ keuangan supaya nggak bisa dipakai seenaknya. ‘Kunci’ tabungannya di Dream Saver Jenius, kalau nggak dikunci, takutnya dipakai untuk hal yang nggak penting-penting banget.
    1. Bebas atur periode menabungnya, mau sampai tanggal/bulan/tahun berapa. Nanti setiap bulannya, Jenius akan menarik atau meng-autodebet jumlah saldo aktif yang sudah ditentukan.
    2. Harap bersabar dan tekun menabung hingga waktunya tiba.
    3. Kalau tulisannya sudah “Selesai”, artinya kamu telah berhasil beristiqomah dalam menabung!

Dream Saver Jenius. (Sumber: jenius.com)

9. Hindari jajan di luar dan mulai rajin membawa bekal. Membawa bekal untuk makan saat di kampus, atau bagi anak kos, diharapkan membuat nasi sendiri. Kalau malas atau nggak bisa masak kayak aku, beli lauknya di luar aja ya, nasi tetap bikin sendiri.

Nggak susah, ‘kan? Bisa kok asal tekun dan komitmen sama mimpi yang mau dicapai. Fighting haseyo!

Hunting tiket pesawat murah – Rp3.008.000 PP!

Rajin hunting tiket dengan sering membuka aplikasi Online Travel! Karena agak lebih lama nabungnya kalau tanpa tiket pesawat dengan harga promo~

Tiket pesawat pulang pergi (PP) dan transit dengan rute CGK-HKG-ICN-HKG-CGK yang aku beli adalah hasil hunting promo di aplikasi Traveloka. Tenang aja, bukan beli di Instagram yang jual tiket murah yang belum tentu dijamin kepercayaannya. (Walaupun ada yang trusted, tapi tetap harus berhati-hati ya).

Sesungguhnya aku juga dishare oleh teman terkait promo ini. Kamu harus rajin cek ada promo apa aja di Traveloka, di bagian “See All Promos”.

Kemudian klik “See All Promos”, nanti di sana bakalan ada promo promo menarik dari Traveloka. Dan jangan lupa ikuti syarat & ketentuan yang berlaku buat dapetin tiket murahnya!

Jadi ketagihan hunting tiket murah lagi….

Jenius sebagai life financial

Ketika pertengahan tahun 2018 aku baru menjadi nasabah aktif bank Jenius, setelah 2 tahun menjadi nasabah-nasabahan hahaha.
Apa sih Jenius itu? Jenius merupakan sebuah bank digital yang di mana kita bisa membuat rekening sendiri hanya dari smartphone dan dapat mengatur keuangan sendiri. Maksudnya dari mengatur keuangan sendiri adalah aku bisa bebas memindahkan posisi saldo aktif ku ke fitur-fitur yang berguna untuk menabung.
Ada 3 jenis fitur menabung di Jenius: Flexi Saver, Maxi Saver dan Dream Saver. Untuk lebih lengkapnya, silakan cek websitenya di www.jenius.com ya.

Karena sudah lama bermimpi dan bingung bagaimana agar mimpiku bisa ter-realisasikan, akhirnya aku telah menemukan Jenius untuk menabung dan memakai Dream Saver sebagai perantara untuk menggapai mimpiku ke Korea Selatan! ;D /tiada bermaksud promosi di sini, karena sharing is caring~/
Aku rekomendasikan Jenius untuk menabung!

di Nami Island

You Might Also Like

Leave a Reply