PeduliLindungi Untuk Syarat Terbang ke Bali

Bon Voyage! Penerbangan sudah dibuka nih, kamu sudah vaksin? 10 September 2021 lalu aku ke Bali dan mau sharing gimana caranya ke Bali melalui jalur udara selama PPKM berlangsung, nih. Agar perjalananmu lancar, ikuti syarat-syarat terbang dengan aplikasi PeduliLindungi ini agar dapat terbang ke Bali, ya!

Download aplikasi PeduliLindungi

Eh sebelum berangkat, di-download dulu ya aplikasi PeduliLindungi di hp kamu. Download aplikasinya di sini.

1. Sudah punya sertifikat vaksin

Pertama, siapkan sertifikat vaksin ke-1 atau vaksin ke-2 kamu. Syarat utama adalah kamu harus sudah vaksin dosis ke-1 dan/atau ke-2. Jika kamu sudah vaksin dosis 1, kamu wajib menunjukkan hasil tes swab PCR. Sedangkan kamu hanya perlu menunjukkan hasil tes swab Antigen aja jika sudah dosis ke-2.

sertifikat vaksin aplikasi PeduliLindungi

2. Bukti tes COVID-19 negatif

Yang kedua, walau sudah vaksin, kamu tetap perlu menunjukkan hasil tes swab negatif, lho. Untuk hasil tes swab PCR hanya berlaku H-2 sebelum keberangkatan. Lalu untuk Antigen, berlaku di H-1 atau 24jam.

Lalu tunjukkan bukti tes COVID-19 negatif kamu yang tertera di aplikasi PeduliLindungi ke pihak bandara sebagai salah satu syarat penerbangan, ya!

bukti tes negatif covid
Bukti Negatif Covid-19

Misalnya, kamu terbang hari Rabu di jam 9.55, dan hasil tesmu hari Selasa di jam 10.00, jangan khawatir. Karena hasil tesmu masih tetap berlaku karena masa berlaku swab Antigen maks. 24 jam.

(Syarat dengan update 16 September 2021)

3. Terintregasi dengan PeduliLindungi

Sertifikat Vaksin

Yang ketiga, pastikan hasil sertifikat vaksin kamu sudah muncul di PeduliLindungi. Begini cara ceknya:

  • Lengkapi data pribadimu dengan mengisi NIK dan nomor HP;
  • Pastikan data yang dimasukkan sesuai;
  • Cek bagian Akun > Sertifikat Vaksin > klik nama lengkap > hasil sertifikat vaksin muncul.

Status Tes COVID-19

Pastikan kamu melakukan tes COVID-19 di lembaga yang sudah terintregasi dengan PeduliLindungi. Maka, status hasil tes tersebut akan langsung terdata di akun PeduliLindungi milikmu.

Cek di bagian Akun > Status Vaksin & Tes COVID-19

4. Siapkan bukti fisik dan digital

Yang keempat, nggak perlu bingung jika ada pertanyaan, “kok perlu bukti sertifikat vaksin dan hasil tes COVID-19 yang di-print juga?”. Hal itu karena petugas bandara akan memvalidasi dengan cara memberikan stempel pada printout hasil tes COVID-19 dan sertifikatmu. Lebih baik kamu siapkan hasil printout-mu sebelum sampai bandara, daripada nantinya repot sendiri.

5. Jangan ke counter check-in dulu!

Nah, khusus penumpang Citilink, akan jauh lebih efisien jika kamu melakukan self check-in sebelum mengantre di counter. Karena, counter hanya berlaku untuk memvalidasi hasil tes COVID-19 dan boarding pass. Juga, untuk mengecek bukti sertifikat vaksin dan pemberian bagasi saja.
Males kan udah capek-capek antre ternyata harus ngulang antrean lagi. Yang ada malah bete deh tuh.

Nah sekarang kebutuhan dokumenmu udah lengkap, kamu udah siap nih untuk traveling ke Bali. Yay!

Baca juga: Cara Solo Traveling ke Bali

You Might Also Like

Leave a Reply