Explore Uluwatu Edisi Solo Traveling

Bon Voyage! Kali ini main sendirian ke Bali bagian Selatan, tepatnya explore 7 pantai yang indah banget di Uluwatu. Semakin indah pantainya, semakin sulit juga nih jalur yang dilewati.

Meskipun harus melewati jalur trekking dengan nafas huh hah, kamu pasti nggak akan nyesel udah berhasil explore pantai di Uluwatu. Soalnya semua memilki persamaan dalam karakteristiknya– Pasirnya putih, airnya biru, dengan ombak yang tidak begitu berbahaya untuk berenang.

Ceus cekidot pantai-pantai di Uluwatu yang dimulai dari jalur trekking yang paling berat!

Siap explore pantai di Uluwatu? Ikutin perjalananku yuk!

1. Trekking Melalui Ratusan Tangga – Pantai Green Bowl

Jika kamu udah ngeliat banyak monyet di jalanan, artinya kamu hampir sampai di Green Bowl. Jika sedang pasang airnya akan hampir sepenuhnya menutupi daratan. Saat itu aku ke sana lagi surut, jadi bisa main ke batu karang sambil ngeliatin siput nempel deh.

pantai green bowl

Untuk menikmati Green Bowl, kamu akan melalui anak tangga yang cukup tinggi yang kurang lebih 200 jumlahnya. Siapkan kondisi prima-mu dan tetap berhati-hati, jangan sampai bisa turun nggak bisa naik 🙂 karena untuk naiknya akan jauh lebih menantang dan melelahkan. Namun saat sampai di bawah, nggak akan nyesel.

Waktu terbaik ke Green Bowl adalah pagi sampai siang hari, karena saat sunset kurang begitu terlihat mataharinya dan saat perjalanan pulang gelap banget. Agak creepy.

Untuk persiapan, bawa makanan ringan dan air mineral untuk ke Pantai Green Bowl. Karena ketika akan naik, kamu akan terengah-engah saat di tangga menuju pulang. Cek lokasi Pantai Green Bowl di sini.

2. Bangkai Perahu Iconic – Pantai Nunggalan

Pantai serasa punya sendiri. Ini sih terbaik! Merupakan pantai dengan suasana tenang dan damai sehingga menjadi pantai favoritku karena tidak terlalu banyak orang, hanya aku sendiri di sana. Aku duduk terdiam memandangi desiran ombak dengan airnya yang biru dan pasirnya yang putih.

pantai nunggalan

Kamu akan menelusuri hutan dengan memakan waktu 20 menit untuk turun dan 20 menit untuk naik. Meskipun banyak bebatuan sebagai pijakan, harus tetap fokus, pijakan batunya cukup licin dan tidak beraturan. Bikin aku hampir terpeleset.

Jika ingin ke Pantai Nunggalan, kamu hanya perlu cari Villa Plenilunio di Google Maps dan untuk mencapainya kamu dapat menggunakan kendaraan mobil maupun motor untuk menuju ke hidden gem di Uluwatu ini.

Untuk parkir kendaraan, terdapat lahan luas di samping Villa Plenilunio dengan biaya parkir Rp5.000 untuk kendaraan bermotor.

Pantai Nunggalan bisa dikatakan private beach karena pasirnya yang putih dengan warna air laut biru aquamarine. Cek lokasi Pantai Nunggalan di sini.

3. Menikmati Orang Berselancar – Pantai Suluban / Blue Point Beach

Merupakan pusat perkumpulan para selancar di Pecatu. Bahkan perwakilan peselancar dari Indonesia di Olimpiade 2020, Rio Waida, sering melakukan latihan di sini, menurut warga lokal.

Sama seperti pantai di Uluwatu lainnya, karakter Pantai Suluban memiiliki pasir yang putih serta airnya yang biru bikin betah berlama-lama di sini. Namun jangan berbesar hati dulu sebelum menuju ke Pantai Suluban atau yang dikenal sebagai Blue Point ini. Kamu harus siap melakukan trekking sekitar 5-10 menit dalam satu kali jalan dengan menaiki anak tangga.

Pantai Suluban / Blue Point
Pantai Suluban / Blue Point

Jaraknya hanya 5.1km dari Karang Boma dan 4,4km dari Pura Luhur. Dengan biaya parkir kendaraan bermotor Rp5.000

Jika perlu, siapkan air mineral yang dibeli di minimarket sebelum sampai di sini, atau kamu harus membayar Rp12.000 untuk mineral botol ukuran sedang, yang hitung-hitung bisa membantu UMKM di Pantai Suluban ini.
Cek lokasi Pantai Suluban di sini.

4. Sunset di Karang Boma

Menjadi salah satu spot sunset pilihan pengunjung yang bisa dinikmati di atas tebing. Sama seperti Pantai Nunggalan, tebing Karang Boma juga memiliki pasir yang putih dan air yang biru jernih.

Hanya berjarak 4.1km dari Pantai Nunggalan

karang boma
Spot sunset di Karang Boma

Jalur menuju tebing Karang Boma nggak begitu sulit, hanya perlu mengikuti jalan beraspal sampai habis dengan kendaraan, lalu belok ke kanan melanjutkan jalanan yang cukup rusak. Jika ingin menempati spot sunset terbaik, sudah harus sampai di sini dari pukul 5 sore, ya. Karena ternyata semakin sore menjadi makin ramai pengunjung. Biaya parkir kendaraan bermotor Rp5.000

Cek lokasi tebing Karang Boma di sini.

5. Healing dengan /atau Tanpa Sunset – Batu Jaran Hill

Tebing Batu Jaran atau yang disebut sebagai Batu Jaran Hill, merupakan spot sunset yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Nggak perlu trekking, hanya cukup menggunakan motor dengan melewati jalanan yang cukup rusak dan melewati kebun dengan semak-semak. Namun saat siang hari pemandangannya tetap menakjubkan, lho!

batu jaran hill
Batu Jaran Hill

Parkir motor kamu saat masih berada di kebun, ya. Jangan bawa motor kamu turun ke tebing, karena jalanannya cukup curam untuk sebuah motor yang berjalan di atas tanjakan beraspal.

Cek lokasi Batu Jaran Hill di sini.

6. Menikmati dari Atas Tebing dan Turun ke Bibir Pantai – Pantai Balangan

Pantai yang masih digemari oleh para peselancar, namun tidak begitu ramai oleh lokal di bagian pinggir pantai. Spot favorit pengunjung kebanyakan untuk berada di atas tebing untuk menikmati indahnya Pantai Balangan dari atas tebing.

dari atas tebing pantai balangan
view dari tebing

Pantai Balangan memiliki ombak yang dengan intensi sedang, jadi masih aman untuk berenang di pinggir pantainya.
Biaya masuk untuk parkir kendaraan motor Rp5.000 ke bagian tebing, dan Rp2.000 ke bagian pantainya.

Cek lokasi Pantai Balangan di sini.

7. Berjalan di antara Tebing – Pantai Melasti

Pantai yang paling mudah dijangkau oleh siapapun ini memiliki tempat iconic yaitu berada pada tebingnya, yang sering digunakan sebagai photoshoot di bagian tengah antara tebing-tebing yang tinggi.

Untuk menuju Pantai Melasti, kamu dapat menggunakan kendaraan apa saja, besar sekalipun. Namun dengan menggunakan motor, kamu akan jauh lebih menikmati angin pantai dengan panorama Pantai Melasti melewati tebing hingga menyusuri ke bawah pantai.

di antara tebing Pantai Melasti
di antara tebing Pantai Melasti

Lahan parkir di Pantai Melasti sangat luas, kamu bebas ingin parkir di bagian spot mana saja. Biaya masuk Pantai Melasti untuk kendaraan motor Rp10.000. Cek lokasi Pantai Melasti di sini.

Gimana Wak, bagus-bagus ‘kan pantainya? Dari 7 pantai di Pecatu (Uluwatu), mana nih yang paling ingin kamu kunjungi? Reply komentar di bawah, ya!

Baca juga: Syarat Penerbangan ke Bali

You Might Also Like

5 Comments

  1. Saripatiayam

    Keren bgt nyet. Semoga banyak yg mampir ya kesini. Proud of you🤗❤️❤️❤️❤️

    1. Hervoyagez

      i love u sm, nyet🤍🤍🤍

  2. Nada

    Sangat edukatif kakkk. Keren. 😍

  3. Cikimprid

    Jadi pingin kesana jugaa 😭

Leave a Reply